Minggu, 20 November 2016

IWUNG 🎍

IWUNG 🎍
Tunas bambu tumbuh dan tersebar hampir diseluruh wilayah indonesia.bahkan di daerah jawa barat khususnya suku sunda tunas bambu dikenal dengan nama"IWUNG".
Iwung merupakan bahan menu masakan khas bagi sebagian masyarakat indonesia sebagai pendamping nasi yang dapat diolah dengan cara disayur santan juga ditumis.
Iwung layak di konsumsi saat berusia kurang dari dua bulan karena pada saat usia ini, textur serta serat iwung belum mengeras(masih lembek/lembut).
Adapun manfaat dan kandungan gizinya sebagai berikut:
 Dalam satu cangkir irisan Iwung terkandung 14 kalori, sepertiga lemak, 1,2 gram serat (setara dengan setengah porsi nasi merah).
Serat dibutuhkan sebagai pelancar pencernaan dan mencegah munculnya berbagai penyakit kardiovaskular. Seperti penyumbatan pembuluh darah, hipertensi, penyakit jantung koroner, serta kolesterol berlebih.
→ Selain itu.dalan kandungan gizi Iwung terdapat 640 mg kalium, jumlah ini setara dengan 1,5 kali lebih banyak kandungan kalium pada buah pisang.
Kalium adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menggerakkan otot, menjaga tekanan darah serta menjaga keseimbangan cairan tubuh.Kekurangan kalium dapat menyebabkan nyeri sendi dan otot.
Iwung juga kaya akan mineral seperti kalsium, kalium, mangan, seng, kromium zat besi dan Kandungan vitamin. Seperti vitamin A, B6, dan E.
Iwung merupakan bahan makanan yang mengandung 17 asam amino protein yang bersifat sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas menurut Amelinda Angela, STP, peneliti dari Nutrifood Research Centre.
Demikian rilisan post kali ini tentang manfaat serta kandungan gizi Tunas bambu. 

Semoga bermanfaat 😊

sumber: berbagai sumber


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar